Riwayat Singkat Perusahaan

PT. Arthabuana Margausaha Finance (PT. AMF) adalah suatu perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pembiayaan konsumen (consumer finance), anjak piutang (factoring) dan sewa guna ijin usaha (leasing). Perusahaan didirikan pada tanggal 5 April 1994 dan mendapat ijin usaha dari Menteri Keuangan Republik Indonesia pada tanggal 10 Nopember 1994 dengan KEPMENKEU NO. 562/KMK/017/1994 serta mulai beroperasi sejak tanggal 15 Januari 1995.

Terbatasnya permodalan, segmen pasar serta situasi perekonomian membuat PT. AMF dalam kurun waktu satu tahun berjalan sampai dengan akhir tahun 1995 belum dapat menjual semua produknya dipasaran. Namun demikian dengan dapat diperolehnya dana jangka pendek (Money Market) dari beberapa Bank Swasta Nasional, PT. AMF mulai tahun 1996 mampu merealisasikan transaksi berjangka pendek (1 sampai dengan 6 bulan).

Karena memburuknya situasi perekonomian didalam negeri yang juga melanda sektor perbankan pada pertengahan tahun 1997 bisnis factoring PT. AMF mulai mengalami kesulitan bahkan terhenti. Hal ini berlangsung terus hingga akhirnya pada tahun 2000 PT. AMF menyatakan sebagai Perusahaan Non Aktif yang dikukuhkan dalam Akta Notaris Rachmat Musiran, SH. No. 33 tanggal 22 Juni 2000.Selama ± 1,5 tahun PT. AMF tidak aktif, sampai akhirnya mulai terbentuk pengurus dan direksi baru pada tanggal 11 Januari 2002 dan perusahaan mulai beroperasi kembali secara profesional dan mengalihkan kegiatan utamanya dari kegiatan anjak piutang (factoring) ke kegiatan pembiayaan konsumen (consumer finance) khususnya jenis pembiayaan kendaraan bermotor. Dan sekitar pertengahan 2005, perusahaan mulai melakukan diversifikasi pembiayaan dengan melakukan pembiayaan sewa guna usaha terutama untuk alat-alat berat.

Dalam rangka mengembangkan kegiatan usaha pembiayaan khususnya pembiayaan konsumen (consumer finance) maka pada pertengahan bulan Juni 2001 perusahaan mulai memberikan pembiayaan terhadap mobil bekas (used car) dan sepeda motor besar seperti Honda Sport CBR 150 dan Kawasaki Ninja 150 RR serta Kawasaki Ninja 250 R.

Pada tahun 2006 awal, perusahaan memindahkan kantor pusatnya dari Gedung Menara Global Lt. 17, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 27, Jakarta Selatan ke gedung milik sendiri PT. Arthabuana Margausaha Finance berlantai 3 di Jl. Sungai Gerong No. 20 Kebon Melati, Jakarta Pusat yang lokasinya sangat strategis dimana terletak didekat jalan protokol Jendral Sudirman Jakarta.